Tuesday 25 June 2013

Tetap Bugar saat Datang Bulan



Menstruasi secara medis adalah pendarahan yang dialami wanita setiap sebulan sekali. Darah mengalir dari rahim melalui lubang kecil di leher rahim dan keluar dari tubuh melalui vagina.

Rata-rata lama haid perempuan adalah 3-5 hari, namun ada juga yang mengalaminya hingga 1 minggu.Rata-rata siklus menstruasi adalah 28 hari. Berkisar dari 21-35 hari untuk orang dewasa dan ada juga 21-45 hari untuk anak remaja.

Apa saja keluhan saat menstruasi?
Rasa nyeri di pinggang, nyeri di peurt, mual, pening, lemas, kembung, tidak nafsu makan, bahkan ada yang pingsan dan keluar darah sangat banyak seperti gumpalan daging.

Bagaimana cara mengatasi keluhan saat menstruasi?
Berbagai cara dilakukan untuk mengatasi nyeri menstruasi, misalnya dengan penggunaan botol hangat pada lokasi yang mengalami nyeri, minum obat penghilang nyeri, dan mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi seperti daging sapi, kambing, ayam, ikan, ikan tunam telur, oatmeal, dan sayuran hijau.

Tips dari Skin Slimming Lifestyle Clinic:
  •  Hindari kekurangan darah saat menstruasi dengan menkonsumsi pil kontrasepsi yang mengandung zat besi.
  •  Perbanyak minum air hangat agar terhindar dari dehidrasi karena saat kekurangan cairan, rasa nyeri bisa menjadi berlipat ganda
  • Hentikan kebiasaan minum kopi saat menstruasi, karena kafein dapat menyebabkan urutasi pada usus halus




No comments:

Post a Comment