Wednesday 24 July 2013

6 Cara Cepat dan Mudah Menanggulangi Kulit Kering



Bila Anda memiliki kulit bersisik, gatal, dan kering,  hal yang perlu Anda perhatikan tidak hanya tentang apa yang Anda usapkan pada kulit. Namun penting juga memperhatikan bagaimana Anda membersihkan kulit Anda, bagaimana udara di sekitar Anda, dan bahkan apa bahan pakaian Anda.
Cobalah enam tips untuk menenangkan kulit kering Anda.


1. Hangat Yes, Hot No
Mandi dengan air panas bukan ide yang baik untuk kulit kering Anda.Masalahnya adalah bahwa panas melucuti pelindung minyak alami pada tubuh Anda, dan Anda membutuhkan pelindung untuk membantu menjaga kelembaban agar kulit Anda tetap halus dan lembab.
Jadi perhatikan suhu air mandi Anda dan janganlah berlama-lama. Ahli perawatan kulit merekomendasikan  mandi air hangat berlangsung tidak lebih dari 5 sampai 10 menit.Setelah itu, untuk mengeringkan badan, teuk-tepuk handuknya dengan lembut, bukan dengan digosok. Kemudian gunakan pelembab diseluruh tubuh Anda.


2. Mandi dengan Lembut.
Cuci dengan pembersih yang soapless ketika Anda mandi. Sabun lembut yang bebas dari aroma (fragrance free) merupakan pilihan yang tepat. Produk dengan deodoran atau antibakteri keras pada kulit.
Anda mungkin juga mempertimbangkan pembersih yang mengandung ceramides. Ceramides adalah molekul lemak yang membentuk penglindung luar kulit Anda. Mereka membantu menjaga kelembaban kulit. Beberapa produk perawatan kulit menggunakan ceramides sintetis untuk menggantikan yang telah hilang dengan bertambahnya usia.
Hindari penggunaan toner dan astringents yang mengandung alkohol karena akan mengeringkan. Saat kita melakukan exfoliation, jangan menggosok terlalu keras. Hal ini dapat mengiritasi kulit.


3. Bercukur dengan Cerdas.
Mencukur dapat mengiritasi kulit kering. Ketika Anda mencukur rambut yang tidak diinginkan, Anda juga menghilangkan minyak alami.
Waktu terbaik untuk mencukur adalah setelah Anda mandi. Rambut lebih lembut dan lebih lentur setelah mandi, membuat mencukur menjadi lebih mudah.
Selalu gunakan krim cukur atau gel, dan bercukur ke arah rambut tumbuh untuk melindungi kulit Anda.
Pastikan pisau cukur yang tajam. Sebuah pisau cukur kusam dapat menyebabkan iritasi tambahan. Ganti pisau cukur Anda secara rutin. Jika Anda menggunakan pisau yang telah digunakan sebelumnya, rendam dalam alkohol untuk membersihkannya.


4. Tutupi
Kerusakan yang disebabkan oleh matahari adalah alah satu penyebab utama di balik kulit kering, keriput, dan kasar. Anda dapat membantu mencegah kerusakan dengan memakai Sunblock SPF 30  dan berpakaian secara tepat.
Dalam cuaca dingin, pastikan untuk menggunakan pakaian berlapis untuk mencegah overheating dan berkeringat berlebihan. Keduanya dapat mengiritasi kulit.
Untuk mencegah bibir kering dan pecah-pecah, gunakan lip balm dengan tabir surya SPF 15.
Di siang hari yang terik mataharinya tinggi, gunakan pakaian longgar, berlengan panjang dan gunakan topi bertepi lebar 2 inci untuk menutupi leher, telinga, dan mata.


 5. Ikuti Aturan Dalam Menggunakan Pelembab.

Produk pelembab sederhana dapat menenangkan kulit kering. Petroleum jelly merupakan salah satu pemlembab yang baik atau Anda bisa menggunakan minyak mineral, krim favorit, atau lotion.

Jika Anda suka pelembab yang rich, bisa menggunakan yang berbahan shea butter, ceramides, asam stearat, atau gliserin. Apapun pelembab pilihan Anda, gunakanlah secara konsisten dan rutin agar dapat memberikan hasil.

  • Bersihkan tubuh Anda dengan cairan pembersih non-sabun (soap free).
  • Tepuk-tepuk perlahan untuk mengeringkan tubuh kurang dari 20 detik.
  • Oleskan pelembab pada kulit saat masih sedikit lembab setelah selesai mandi untuk mengunci kelembaban.
  • Lembabkan tangan Anda dengan menggunakan hand lotion setiap kali setelah Anda selesai mencuci tangan
Gunakan krim tabir surya dengan SPF 30 atau lebih tinggi untuk mendapatkan manfaat tambahan perlindungan matahari. Ada yang berbentuk salep, krim, gel, bahkan semprotan.
 

6. Gunakan Pelembab Saat Udara Dingin.
Dingin dan udaranya yang kering adalah penyebab umum dari kulit kering yang teriritasi.

Anda dapat menggunakan humidifier di kamar tidur Anda. Tujuannya untuk menjaga kelembaban dalam ruangan sekitar 50%.

No comments:

Post a Comment